Tuesday, March 2, 2010

Empat Poin Istimewa Dari Basket


Basket, sebuah permainan yang enerjik dan menantang. Adrenaline yang tinggi di setiap pertandingan dapat membuat detak jantung berdegup kencang, hanya orang yang MAMPU saja yang sanggup bertahan sampai akhir pertandingan. Ada beberapa poin istimewa yang dapat dipetik dari olah raga ini yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari jika dilihat dari segi kemampuan, yaitu :

1. Kemampuan Fisik

Kemampuan fisik di sini maksudnya adalah stamina, karena basket akan sangat menguras tenaga juga pikiran, apalagi jika lawan yang dihadapi adalah lawan yang superjago, dalam hal ini jika kita memiliki stamina prima, setidaknya kita masih bisa survive at least buat melayani itu lawan.

2. Kemampuan Teknik

Setelah dibekali dengan kemampuan fisik dan stamina yang prima, selanjutnya adalah kemampuan teknik, tentu saja teknik bermain basket yang baik dan benar, baik itu teknik untuk menggiring bola (dribbling), memasukan bola (shooting), menyerang (offence) maupun bertahan (defence), sehingga dengan membekali diri dengan teknik dan pengetahuan soal basket sudah baik baik, tentu akan membuat seorang pemain basket semakin tangguh.

3. Kemampuan Taktik

Taktik atau strategi sangat diperlukan dalam suatu permainan bola basket, hal ini bertujuan untuk meraih kemenangan bagi tim, karena basket itu adalah olahraga tim,yang sangat membutuhkan kolektivitas tinggi, sehingga dibutuhkan kerjasama dan kekompakkan tim, dengan demikian dibutuhkan pula suatu team play plan, dimana satu orang memiliki peran dan fungsi yang berbeda dalam tim tersebut, dengan menciptakan peran dan fungsi yang berbeda serta mengintegrasikannya akan memudahkan tim mencapai tujuan yang diinginkan, yakni KEMENANGAN.

4. Kemampuan Psikologis

kemampuan psikologis (mental) masuk tahap terakhir atau paling tinggi, karena memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai kematangan seorang pemain basket.
boleh jadi seorang pebasket sudah memiliki skill yang mumpuni, tetapi tidak bisa mengangkat rekan dan timnya untuk menjadi juara, ini disebabkan oleh mental yang belum siap untuk menghadapi tekanan-tekanan yang dihadapinya. Tekanan bisa datang dari mana saja, seperti supporter lawan, wasit, atau lawan itu sendiri serta hawa pertandingan yang sangat "panas". Jika pemain tidak memiliki mental yang kuat apapun bisa terjadi, mulai dari salah passing, gagal mencetak angka bahkan melakukan foul yang tidak perlu.
Jelas, disini dibutuhkan latihan mental yang serius agar para pemain memiliki mental juara, sehingga seorang pemain akan benar-benar fokus pada permainan dan juga akan menikmati setiap tantangan yang disuguhkan oleh lawannya.

Begitu juga soal hidup….. masing-masing kemampuan fisik, teknik, taktik dan mental merupakan simbol dari kekuatan kita dalam menghadapi kehidupan.

Oke guys, Semoga Bermanfaat......

No comments:

Post a Comment